Saat Aku Mati


Saat aku mati : saat kerandaku mulai dibawa keluar, “Jangan pernah kau berfikir bahwa aku merindukan dunia ini.”

Janganlah meneteskan air mata, jangan meratapi, atau menyesaliku. Aku tidak akan jatuh ke dalam sarang makhluk yang mengerikan. Ketika melihat jenazahku diusung, Janganlah menangis karena kepergianku. “Aku bukan pergi : Aku telah sampai kepada Cinta Yang Abadi.”

Ketika engkau meninggalkanku di dalam kuburan, janganlah mengucapkan selamat tinggal. “Ingatlah, kuburan hanya bagi Surga yang berada di baliknya, engkau hanya akan melihatku (seperti yang) diturunkan ke liang lahat, sekarang, lihatlah aku bangkit.”

Bagaimana bisa ada akhir?  Saat matahari terbenam atau bulan tenggelam, ini terlihat seperti akhir, Ini terlihat seperti matahari yang terbenam, tetapi sebenarnya, ini adalah fajar. Saat kuburan mengurungmu, saat itulah jiwamu terbebaskan. Melihat benih yang jatuh ke bumi tidak menumbuhkan kehidupan baru? Mengapa mempertanyakan bangkitnya benih yang bernama manusia? Ketika, untuk terakhir kalinya, engkau menutup mulutmu, Kata-kata dan jiwamu akan menjadi milik dunia yang tanpa ruang, tanpa waktu.

Matilah dengan bahagia dan berharap untuk mengambil bentuk yang baru dan lebih baik. Ibarat matahari, hanya ketika terbenam di barat barulah terbit di timur. Dunia adalah taman bermain, dan kematian adalah malamnya. 

Tempat ini adalah mimpi. Hanya orang yang tidur yang menganggapnya nyata. Kemudian kematian datang seperti fajar, dan kamu terbangun sambil tertawa atas apa yang kamu anggap sebagai kesedihanmu. Di akhir hidupku, hanya dengan satu nafas tersisa, jika kamu datang, aku akan duduk dan bernyanyi. Saya sudah mati, lalu hidup. Menangis, lalu tertawa. 

Semua orang begitu takut kematian, namun para sufi sejati hanya tertawa : tidak ada yang menzalimi hati mereka. Apa yang mengenai cangkang tiram tidak merusak mutiaranya. Setelah itu aku masih harus mati dan menjelma sesuatu yang tak bisa ku pahami. Ah, biarkanlah diriku lenyap memasuki kekosongan, kesunyian.

"Wahai Kekasih, ambillah apa-apa yang yang aku mau, ambillah apa-apa yang kulakukan, ambillah apa-apa yang ku butuhkan, ambillah semua yang mengambilku dari-Mu. Mengetahui bahwa adalah Engkau yang mengambil kehidupan, kematian menjadi sangat manis. Selama aku bersama-Mu, kematian bahkan lebih manis dibandingkan dengan kehidupan itu sendiri.” (Rumi 1207-1273 M)

❤️