Bedoyo Ketawang

Saya Adikmu telah membunyikan sinyal Anda tertinggal. Ya Bapa, berikan tanda itu. Lalu sinyal itu berbunyi. Dalam bentrokan pernah bentrok. Sepanjang jalan gila dengan cinta. Dibalut celana putih halus, dalam rok warna merah tua. Dengan sabuk silken hijau gelap. Dengan emas bertatahkan kens. Anting-anting berlian yang brilian. Ditetapkan dalam filafree emas halus. Bunga kamboja. Aroma harum manis Dengan selempang selempang sutra cindhe, dihiasi dengan gelang emas. Ya, diurapi dengan balsem harum. Mahkota emas [nya] bertabur. Dengan permata berharga yang langka. Dan menyapa telinganya, sayap emasnya yang tipis. Bunga kamboja bermekaran. Begitu harumnya aroma harum

Π. Hati terselubung dengan hati-hati, ketika [kita bersama] berbaring dengan bantal. Dewa-dewa yang turun ke bumi akan memiliki gerbang yang kuat. Semua hilang — bantal itu tergeletak di lantai. 

O perkasa Susuhunan 

Siapa yang akan mengasihani pengangkutan cinta [saya]? 

Terang dunia, bunga pencerahan: 

Manifestasi yang cerah hanyalah di tempat tidur 

O perkasa Susuhunan 

Panah yang memikat membumbung terlupakan dalam cinta penuh perasaan 

Tersembunyi jauh di dalam hati; pernah [aku] jatuh di depan kaki Sunan 

Daya pikat dari pendekatannya membangkitkan hati saya 

Kodok kecil, daunmu tilarsa 

Jadilah [Anda] tenang; kepada siapa kemudian milik [diriku]? 

0 perkataan Susuhunan 

Hai! Jangan sekali pun dibiarkan biarkan [itu] diatur lagi 

Tunjukkan saya bagaimana melayani [kamu] 

Aku akan memohon untuk berbaring di bawah kaki [Mu] mungkin 

Apakah itu terwujud dalam kebenaran saya akan jatuh sakit

Mungkin [saya akan] menjadi gila 

Susuhunan 

Kapan, O, Tuan Yang Maha Kuasa, haruskah aku bertemu [] 

Di tempat tidur, O, Tuan Yang Perkasa? 

Jok jiwa, sedikit teratai danau bermekaran 

Ketika hilang dalam kerinduan, ke mana harus [saya] menelepon? 

Semua keturunanmu, O Lord Yang Perkasa — Ah! di tempat tidur 

Dibutakan oleh air mata adalah dia Dhangur 

Tubuh-Nya sepenuhnya menghasilkan, tetapi itu adalah kesedihan pada akhirnya 

[Dan] berdiri dengan kepala memegang sarana tinggi tetapi kesedihan pada akhirnya 

Tidak ada pertemuan yang menyelamatkan penyerahan tubuh dan jiwa.


IΠ. Hai! Kecantikannya, semoga seribu menjadi istrinya 

Seolah-olah 

Selempang merahnya di masing-masing sisi 

Susuhunan 

Mengembara, banyak istrinya 

Susuhunan 

Seolah-olah 

Berkeliaran, banyak ratu 

Susuhunan 

Seolah-olah 

Perhiasan berserakan di antara awan 

Susuhunan 

Kekuatannya seperti bintang-bintang 

Menangis [I] menatap langit 

Seolah-olah 

Seperti bintang-bintang, karya-Mu, Panembahan 

Poros panah, seperti api nyalanya 

Kemarahan api, Tuanku 

Haruskah kematian datang, ke mana harus mencuri, Tuanku? 


Sumber: Nancy K Florida, The Badhaya Katawang: Terjemahan lagu Kangjeng Ratu Kidul