Cinta dan Cetak Biru

Seorang murid mendatangi guru spiritualnya....." Guruji, sujud hati ini padamu guru.....aku datang padamu untuk mohon jawaban atas masalahku guru......"        

Guru pun bertanya " apa yang terjadi padamu anakku ?"    

" Wahai guru, takdir dan karmaku sangatlah buruk, aku menikah empat kali, semua suamiku pergi meninggalkan aku, seolah - olah tanpa alasan yang jelas dan aku saat ini, berniat menikah lagi, namun aku takut kalau suamiku yang ke lima nanti juga meninggalkan aku, apa memang karma dan takdirku selalu ditinggalkan oleh suami ?" tangis sang murid....dan sang guru menjawab dengan lembut.              

" Di dunia ini memang tidak ada yang namanya kebetulan..., pertemuan dan perpisahan memang sudah ditentukan sebelumnya, itulah yang dinamakan cetak biru kita....apa yang kamu alami sekarang ini memang sudah di tentukan lebih dahulu oleh masa lalu kita...Nah, apa yang kita perbuat sekarang ini menentukan masa depan kita....., kamu harus belajar mekanisme alam dengan sungguh - sungguh...kamu akan merasakan hidup ini sangat indah...dan kamu bisa membuat cetak birumu sendiri,,menentukan takdir dan, karmamu, juga masa depanmu sendiri......"

Engkau akan melihat bahwa ketakutan itu bukan cinta, ketergantungan itu bukan cinta, cemburu bukan cinta, nafsu memiliki dan menguasai bukanlah cinta, kasihani diri bukan cinta, siksaan karena tidak dicintai bukan cinta, cinta bukannya lawan kebencian seperti halnya rasa rendah hati itu bukan kebalikannya keangkuhan. 

Maka bila engkau bisa menghilangkan ini semua, tidak dengan memaksa tetapi dengan membersihkannya sebagai halnya hujan mencuci bersih sehelai daun dari debu berhari-hari, maka barangkali anda akan sampai pada bunga aneh ini yang senantiasa didambakan manusia.