Hormon Testosteron dan Penyakit Jantung

Baru-baru ini saya bertemu dengan seorang dokter terkemuka yang memiliki otoritas besar dalam transplantasi jantung, Dr. Christian Barnard dari Afrika Selatan. Kami mulai berbicara tentang postur yoga dan dia berkata, "Ya, itulah yang saya katakan kepada orang-orang untuk dilakukan, karena jika postur yoga dilakukan dengan benar, Anda tidak perlu khawatir tentang serangan jantung sama sekali." 

Ketika saya bertanya kepadanya apa dasar pernyataannya, dia menjawab, 'Di tubuh pria, testosteron diproduksi, dan hormon-hormon ini menyerang jantung.'Testosteron adalah hormon yang dikeluarkan oleh testis dalam tubuh maskulin. Ini dikeluarkan setiap saat, secara sadar dan tidak sadar selama hubungan seksual, fantasi seksual, dll. Jika ada makanan yang enak, kelenjar air liur mulai bekerja, Anda tahu itu. Bahkan jika saya berbicara kepada Anda tentang sesuatu yang paling Anda sukai, air liur mulai mengeluarkan; ini adalah refleks tubuh yang normal. Dengan cara yang sama, bahkan jika Anda melihat gambar aktivitas seksual, misalnya, bukan hanya melihat, ada kondisi refleks yang diatur dalam tubuh dan testosteron dikeluarkan. Saya tidak mengkritik perilaku seksual pria, saya hanya mendefinisikan testosteron dalam kaitannya dengan aktivitas manusia.

Jika testosteron menyerang jantung, bagaimana kita mengendalikannya sehingga tidak diproduksi secara berlebihan? Barnard berkata bahwa dia memiliki satu postur dalam benaknya, dan postur yang dia gambarkan adalah siddhasana, postur dimana kita duduk untuk meditasi. Dalam postur ini, kaki kiri ditempatkan di bawah skrotum, dengan hak di atas organ genital. Jika ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu, katakanlah setengah jam maksimum setiap hari, itu akan memberi Anda kontrol penuh atas sekresi testosteron, penyebab utama serangan jantung.